Selasa, 13 April 2010

Eksposur dan Risiko Valuta Asing


1. Eksposur valuta asing adalah kepekaan perubahan dalam nilai riil aset, kewajiban atau pendapatan operasi yang dinyatakan dalam mata uang domestik terhadap perubahan kurs yang tak terantisipasi.

2. Aspek – aspek eksposur valuta asing :

- Ukuran kepekaan dari nilai mata uang domestik, artinya , eksposur merupakan gambaran dari tingkat atau derajat perubahan nilai suatu objek dalam mata uang asal karena perubahan kurs.
- Eksposur berhubungan dengan nilai mata uang domestik .
- Eksposur terdapat pada nilai sediaan (stock) dan aliran (flow).
- Eksposur hanya merujuk pada perubahan kurs yang tak terantisipasi.
- Perubahan kurs akan menimbulkan keuntungan atau kerugian atas aset,kewajiban atau pendapatan operasi.

3. Persamaan regresi untuk eksposur terhadap kurs dollar pounsterling dimana DSu ($/£) :

DV = bDSu ($/£) + m

DV = perubahan nilai riil dari aset,kewajiban / pendapatan.
DSu = perubahan kurs yang tak terduga.
b = koefisen regresi, kecenderungan keterkaitan DV dan DSu ( eksposur valuta asing )
m = kesalahan regresi.


4. Pengukuran Eksposur :
b = $ / ($/£) = £
Contoh :

Nilai kurs dollar terhadap poundsteling mengalami perubahan secara tak terduga dari $ 1,50/£ ke $ 1,70/£ mengakibatkan nilai deposito sebesar £ 1 juta pound akan bertambah $ 200.000 , dengan asumsi m = 0 , maka akan didapat b sebagai berikut :

$ 200.000 = b.$ 0,20/£
b = $ 200.000 / $ 0,20/£ = £ 1.000.000

Hal tersebut menunjukkan bahwa eksposur / jumlah yang beresiko terhadap perubahan kurs yang tak terantisipasi adalah sebesar £ 1 juta.

5. Eksposur saat nilai mata uang lokal berubah seiring dengan perubahan kurs yang tak terantisipasi
Selain dipengaruhi oleh perubahan kurs yang tak terantisipasi , eksposur juga dapat dipengaruhi oleh inflasi yang menyebabkan perubahan nilai mata uang.

Contoh :

Nilai real estat secara sistematis meningkat dari £ 1 juta menjadi £ 1,0625 juta dan terdapat depresiasi kurs dari $1,80 / £ ke $1,60 / £ , maka :

DV = ( $1,60 / £ x £ 1,0625 juta ) – ( $1,80 / £ x £ 1 juta )
= -$ 0,10 juta

eksposur yang dihasilkan :

-$0,10 juta = b.(-$0,20 / £)
b = £ 500.000
Eksposur terhadap mata uang individual adalah sensistivitas dari nilai riil aset, kewajiban dan pendapatan operasi yang dinyatakan dalam mata uang asal , terhadap perubahan yang tak ternatisipasi dalam nilai valuta asing dari mata uang tersebut , dengan mengasumsikan bahwa tidak terdapat perubahan kurs yang tak terantisipasi dalam mata uang yang lain.


7. Risiko valuta asing diukur oleh varians dari nilai aset , atau pendapatan operasi yang dinyatakan dalam mata uang domestik yang akibatkan oleh perubahan kurs yang tak terantisipasi.

8. Perubahan kurs yang terantisipasi akan terkompensasi oleh perbedaan tingkat bunga dan sebaliknya tidak ada kompensasi bagi perubahan kurs yang tak terantisipasi .

9. Paritas tingkat bunga tidak memiliki implikasi terhadap pengaruh sistematis perubahan nilai mata uang atas nilai dari suatu yang menjanjikan pendapatan bunga ( tidak memiliki implikasi terhadap eksposur ).

10. PPP ( Paritas daya beli ) terpengaruh oleh eksposur dan resiko valuta asing atas aset riil yang menyebabkan perubahan harga aset.

11. Jika nilai aset individuil tidak selalu berubah sebesar laju inflasi keseluruhan dari suatu negara , tetapi secara rata – rata berubah sebesar laju inflasi tersebut maka eksposur tetap nol jika PPP terpenuhi secara rata – rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar